Selasa, 20 September 2016

Manfaat Delima, dari Buah, Kulit, Bunga, Biji, Daun dan Akar, Untuk Kesehatan dan Obat Alami

CM Agro, salam hijau, kali ini kami ingin membahas tentang Manfaat Delima, dari Buah, Kulit, Bunga, Biji, Daun dan Akar, Untuk Kesehatan dan Obat Alami. Banyak orang mengetahui apa itu buah delima, akan tetapi belum terlalu paham manfaat, dari semua elemen pohon ini. Sebelum mengetahui apa saja manfaatnya, sebelumnya kami jelaskan dulu, apa itu delima. 
 
Buah Delima yang Menyegarkan
Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara.

Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan.

Bentuk pohon perdu atau pohon kecil dengan tinggi 2–5 m. Batang berkayu, ranting bersegi, percabangan banyak, lemah, berduri pada ketiak daunnya, cokelat ketika masih muda, dan hijau kotor setelah tua. Daun tunggal, bertangkai pendek, letaknya berkelompok. Helaian daun bentuknya lonjong sampai lanset, pangkal lancip, ujung tumpul, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan mengkilap, panjang 1–9 cm, lebar 0,5–2,5 cm, warnanya hijau.

Bunga tunggal bertangkai pendek, keluar di ujung ranting atau di ketiak daun yang paling atas. Biasanya, terdapat satu sampai lima bunga, warnanya merah, putih, atau ungu. Berbunga sepanjang tahun. Buahnya buah buni, bentuknya bulat dengan diameter 5–12 cm, warna kulitnya beragam, seperti hijau keunguan, putih, cokelat kemerahan, atau ungu kehitaman. Kadang, terdapat bercak-bercak yang agak menonjol berwarna tebih tua. Bijinya banyak, kecil-kecil, bentuknya bulat panjang yang bersegi-segi agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan, warnanya merah, ungu, atau putih.

Nah, sudah tahu bukan apa itu buah Delima, sekarang mari kita mengenal manfaat buah delima. Manfaat buah delima sebagai berikut:

Manfaat Buah Delima sebagai Obat Alami

Mencegah Kanker
Buah delima dapat menghentikan kerusakan sel dan mencegah kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru-paru.  Jumlah zat antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan zat besi dalam buah delima bermanfaat untuk memerangi dampak radikal bebas. 

Mencegah Penyakit Jantung
Antioksidan dalam buah delima akan menurunkan kolesterol jahat (LDL),  dan meningkatkan kolesterol baik(HDL) . Dengan demikian akan meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga membuat jantung tetap sehat.
 
Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Vitamin C dalam buah delima sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah delima yang berukuran menengah mengandung sekitar 15 % vitamin C dari kebutuhan harian. 
Menyehatkan Kulit
Vitamin C yang banyak terdapat dalam buah delima berguna untuk membantu memproduksi kolagen untuk kulit yang sehat. Zat antioksidan yang tingga dalam buah delima akan melindungi kulit dari polusi, mencegah penuaan dini, dan kanker kulit. Buah delima juga membantu meregenerasi sel kulit, menghilangkan sel-sel mati dan kulit kusam, sehingga akan membuat kulit menjadi sehat dan bersinar. 
 
Mencegah Osteoartritis
Jus buah delima yang dikonsumsi setiap hari bisa memberikan kekuatan untuk tulang, serta mencegah kondisi osteoarthritis. 
 
Menyehatkan Arteri
Plak yang terbentuk pada arteri bisa dikikis dengan cara makan buah delima setiap hari. Arteri yang sehat akan memastikan kesehatan jantung, serta terhindar dari darah tinggi, dan stroke. 
 
Mengobati Tekanan Darah Tinggi
Jus buah delima yang diminum setiap hari akan dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 5 %. 
Mengendalikan berat badan
Baik Untuk Diet
Manfaat antioksidan dari buah delima akan membantu untuk mengendalikan berat badanmu. Kamu bisa memasukkan buah delima ke dalam diet harian untuk menghilangkan kalori ekstra. 
 
Mencegah Penyakit Alzheimer (Pikun)
Jika buah delima dikonsumsi setiap hari, akan bisa membantu mencegah penyakit Alzheimer atau memperlambat perkembangannya. mengonsumsi buah delima juga akan meningkatkan kemampuan otak penderita. 
 
Menjaga Kesehatan Kulit
Buah delima mampu merangsang proliferasi keratinosit , sel-sel yang membentuk lapisan terluar dari kulit. Peningkatan jumlah sel-sel akan memungkinkan kulit untuk memperbaiki diri dengan lebih baik. Senyawa tertentu dalam buah delima juga akan menghentikan enzim yang menghambat kolagen, sehingga kesehatan kulit akan selalu terjaga. Kolagen adalah komponen dasar kulit, yang menjamin kulit agar tetap lembut, halus dan kencang, serta membantu pertumbuhan fibroplasts, yaitu sel-sel yang memproduksi elastin dan serat untuk kulit agar tetap halus dan lentur. 
 
Membantu Regenerasi Sel
Buah delima dapat membantu memproduksi antioksidan alami oleh tubuh, yang akhirnya akan membantu meregenerasi sel kulit. Buah delima juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu memperbaiki jaringan kulit dan penyembuhan luka. Buah delima akan melindungi lapisan luar kulit, dan memfasilitasi regenerasi sel kulit di lapisan kulit dalam. 
 
Pengobatan Jerawat
Buah delima yang merupakan sumber yang kaya vitamin C dapat mengatur produksi sebum, yaitu zat berminyak yang disekresikan oleh kulit yang merupakan akar penyebab timbulnya jerawat. Delima juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, sehingga akan meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Mengoleskan jus delima pada daerah yang terkena jerawat akan membantu mennghilangkan bekas jerawat dengan menumbuhkan jaringan baru di daerah yang terkena. 
 
Bermanfaat untuk Kulit Kering
Buah delima mengandung asam punicic yaitu asam lemak omega 5, yang mencegah hilangnya kelembaban kulit. Asam punicic atau asam lemak omega 5 memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit kering, pecah-pecah, dan iritasi.  
 
Anti Penuaan Dini
Jus buah delima bermanfaat untuk kulit yang rusak karena paparan UV sinar matahari maupun akibat proses penuaan. Buah delima akan memperbaiki kerusakan kulit, sehingga kulit halus dan awet muda. Minyak biji delima akan membantu memperkuat lapisan epidermis untuk mengurangi atau menunda kulit keriput. Kolagen dan elastin dalam buah delima menunjang kulit agar memiliki elastisitas, sehingga tetap awet muda dan meminimalkan terjadinya keriput. 
 
Perlindungan Kulit dari Sinar Matahari
Buah delima dapat membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat radikal bebas, mencegah kanker kulit,  menghilangkan tanda kulit terbakar,  dan mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit akibat sinar matahari. Minyak biji delima mengandung banyak asam ellagic, yaitu antioksidan polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker kulit dan bisa memberikan perlindungan terhadap kanker kulit. 
 
Mengobati Luka dan Radang Kulit
Buah delima mengandung polifenol, serta senyawa lain yang memiliki sifat anti inflamasi. Biji delima juga memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka akibat goresan. Mengkonsumsi buah delima akan mempercepat penyembuhan kulit luka dan infeksi. Selain itu, buah delima juga akan menghilangkan bekas luka di kulit. 
Mengonsumsi jus buah delima takaran 250 cc mengandung sekitar 50% vitamin A, C, dan E dari jatah harian yang direkomendasikan (recommended daily allowance (RDA)), 100% RDA untuk folic acid dan 13% RDA potassium.
Mengonsumsi buah jus delima segelas sehari bisa mengurangi kenaikan antigen penderita kanker prostat yang sudah menjalani operasi atau terapi radiasi kanker prostat.
Kadar gula yang terkandung dalam buah delima mungkin melebihi kadar gula maksimum untuk jatah harian, maka mungkin kurang cocok bagi penderita diabetes yang harus diet rendah gula. Secara umum biji buah delima dinyatakan sangat aman untuk dikonsumsi, karena sejarah panjang mereka yang telah dijadikan sebagai makanan dan obat tradisional selama ribuan tahun.
 

Manfaat Kulit Buah Delima

Kulit buah (shi flu pi) digunakan untuk mengobati sakit perut karena cacing, buang air besar mengandung darah dan lendir (disentri amuba), diare kronis, perdarahan seperti wasir berdarah, muntah darah, batuk darah, perdarahan rahim, perdarahan rektum, prolaps rektum, radang tenggorokan, radang telinga, keputihan (leukorea) dan nyeri lambung.

Cacingan
Rebus kulit delima kering dan serbuk biji pinang (masing-masing 15 g) dengan tiga gelas air bersih. Didihkan perlahan-lahan selama satu jam. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus sebelum makan pagi.

Manfaat Akar Delima

Akar dan kulit kayu digunakan untuk mengatasi cacingan terutama cacing pita (taeniasis), batuk, diare. Contoh pemakaian:

Cacingan
Cuci akar delima yang telah dikeringkan (7 g.), lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan satu gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus.

Keputihan
Rebus kulit delima kering (30 g) dan herba sambiloto kering (15 g) dengan satu liter air bersih. Biarkan sampai air rebusannya tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring clan bagi untuk tiga kali minum, pagi, siang, dan malam hari. Air rebusan ini juga bisa digunakan untuk cuci vagina. Khusus wanita yang sudah menikah, gunakan dengan alat semprot yang masuk ke liang vagina.

Manfaat Bunga Pohon Delima

Bunga digunakan untuk pengobatan radang gusi, perdarahan, bronkhitis.

Luka
Campurkan serbuk kulit buah atau bunga delima secukupnya dengan minyak wijen. Aduk merata, lalu oleskan pada bagian yang luka.

Perdarahan
Rebus bunga delima (20 g) dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

Radang gusi
Cuci bunga delima (tujuh kuntum) dengan air bersih, lalu rebus dengan segelas air bersih sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk kumur-kumur.

Manfaat Biji Buah Delima

Biji digunakan untuk menurunkan demam, batuk, mengatasi keracunan dan mengobati cacingan. Caranya, Masukkan bubuk biji delima kering (satu sendok makan) dalam segelas jus nanas yang belum terlalu masak. Aduk merata, minum sewaktu perut kosong.

Buah delima merupakan salah satu buah yang eksotis. Eksotisme tersebut dilihat dari manfaatnya untuk kesehatan dan khasiatnya bagi dunia pengobatan tradisional.
 

8 Manfaat Kesehatan Daun Delima

Berikut adalah manfaat khasiat kesehatan daun delima bagi kesehatan :

Mengobati insomnia.

Daun delima memiliki manfaat untuk mengobati insomnia. Khasiat daun ini untuk memudahkan pasien terlelap sudah dikenal di Timur Tengah. Disana Pomegranate merupakan ramuan yang luar biasa untuk mengobati insomnia. Caranya, cukup dengan menggiling 3 gram daun delima (+/- 15 lembar), kemudian direbus dengan 200 ml air hingga air tersisa 1/4 nya (+/- 50 ml). Minum ramuan ini sebelum tidur.

Mengobati sakit perut.

Salah satu manfaat kesehatan daun delima adalah untuk membantu proses pencernaan. Hali cukup dilakukan dengan mengkonsumsi teh yang terbuat dari daun delima atau mengkonsumsi obat herbal daun delima dalam bentuk kapsul.
manfaat daun delima bagi kesehatan

Manfaat Daun Delima Bagi Kesehatan

Mengatasi disentri.

Bagi anda yang memiliki masalah dengan diare, cobalah atasi dengan jus daun delima. Jus daun delima yang dicampur dengan buah delima sangat baik untuk mengobati disentri dan masalah usus, seperti diare berat. Hal ini disebabkan karena daun delima mengandung banyak sifat antibakteri.

Mengobati Sakit kuning.

Daun delima juga berkhasiat untuk sebagai obat sakit kuning herbal. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Siapkan sebanyak 3 gram bubuk daun delima
  • Rebus dengan 200 ml air hingga air tersisa 1/2
  • Minum ramuan ini dua kali sehari pada pagi dan sore hari

Obat Eksim.

Eksim adalah gejala medis yang ditandai dengan peradangan yang menyebabkan lepuh kecil atau gelembung pada kulit. Salah satu cara alami untuk mengobati eksim adalah dengan membalurkan serbuk daun delima pada daerah yang menderita sakit.

Mengobati batuk.

Daun delima juga bisa digunakan untuk mengobati batuk. Caranya adalah dengan minum rebusan 2 gram daun delima yang telah dikeringkan dengan 150 ml air. Tunggu hingga hangat lalu saring rebusan dan minum segera sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Mengobati prolaps rektum.

Manfaat daun delima untuk mengobati rektum yaitu dengan cara : Rebus 20 – 30 lembar daun delima dengan 500 ml air hingga tersisa 2/3 nya.  Campur dengan 1/2 sdt tawas.
Gunakan untuk membersihkan rektum saja.

Mengobati sariawan.

Sariawan merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada mulut, bibir, atau lidah. Gejalanya adalah kehadiran cedera pada daerah itu sehingga mengakibatkan rasa sakit dan nyeri bila disentuh makanan.
Cara alami untuk mengobati sariawan rajin berkumur dengan air rebusan daun delima.

Sekian dari Kami, CM Agro, semoga bermanfaat :)
 

0 komentar:

Posting Komentar