Selasa, 20 September 2016

Macam-macam dan Jenis Buah Delima, dengan manfaatnya, Delima Putih, Delima Merah, Delima Ungu

CM Agro, salam hijau, kali ini, kami akan membahas sedikit tentang macam-macam dan jenis buah delima, dengan Manfaatnya, Delima putih, delima merah, dan delima ungu. Delima di kenal dalam 3 jenis yaitu delima merah, delima putih dan delima ungu. Jika dilihat secara fisik hampir sama hanya saja, terutama pohon dan warna kulit buah, yang menbedakan adalah warna buah bagian dalamnya. 

Mungkin sudah lumayan sulit menemukan pohon delima sekarang ini, entah karena apa tapi memang pohon - pohon delima sudah jarang di temui walaupun tetap masih ada. Buah delima secara keseluruhan jenisnya merupakan buah yang mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi di banding buah lainnya, antioksidan tersebut mampu membantu tubuh menangkis radikal - radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

1. Buah Delima Putih
 
Buah Delima putih dengan banyak khasiatnya


Secara khusus buah delima putih telah di manfaatkan dalam beberapa resep tradisional, buah delima putih bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat bagi kesehatan, namun daun, akar, dan kulit buahnya juga mampu di jadikan sebagai obat. Buahnya jika di konsumsi mampu membantu mengatasi gangguan pencernaan, perut kembung, mencegah masuk angin, disentri dan radang amandel.

Untuk akar, daun dan akar tanaman buah delima, berikut resep dan manfaatnya : 
  • Mengobati Disentri
Bagian yang di gunakan adalah daunnya, Seduh 5 g daun delima putih segar dengan 2 g rimpang temu giring, 6 g daun jambu biji segar dan 110 ml air panas. Setelah dingin minum airnya dan ulangi selama 7 hari.
  • Mengobati keputihan
Bagian yang di gunakan adalah kulit buahnya, Seduh 5 g kulit buah delima putih segar dengan 6 g daun beluntas, 5 g herba tapak liman, 1 g majakan dan 110 ml air panas. Setelah dingin minum 1 kali sehari dan ulangi selama 7 hari.
  • Obat Cacingan
Bagian yang di gunakan adalah akar tanamannya ,  Seduh 1 jari akar delima putih dengan 1 jari rimpang temu giring dengan 110 ml air panas. Setelah dingin minum 1 kali sehari dan ulangi selama 4 hari.

2. Buah Delima merah 
Buah Delima merah dengan segudang manfaat

Bagi masyarakat Cina, buah delima merah merupakan salah satu buah wajib dalam menyambut Tahun Baru Imlek. Mereka percaya bahwa bijinya yang banyak merupakan simbol rejeki yang berlimpah. Di Indonesia, buah delima merah sering ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias sekaligus untuk dimakan. Di samping itu, sebenarnya buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dimana ia mengandung zat-zat yang menyehatkan dan mampu mencegah segala macam penyakit.

Sebagai contoh, jus delima merah, apabila digunakan untuk berkumur terlebih dahulu sebelum diminum, dapat membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu  menghilangkan bau mulut tak sedap. Sedangkan, memakan dengan perlahan-lahan buah delima merah dan mengeluarkan bijinya dapat menjernihkan suara yang serak dan menghindarkan dari kekeringan tenggorokan.
Khasiat lainnya berasal dari kandungan zat tanin yang ada pada buah ini, dimana mereka dapat membius cacing gelang, cacing kremi, dan cacing puta dalam usus, sehingga mereka dapat ikut keluar melalui feses pada saat buang air besar. Di Mesir dan Vietnam sendiri pengobatan ini sudah umum dilakukan.

3. buah Delima ungu

Buah delima (Punica Granatum) sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tanaman ini seringkali di tanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias, apalagi jika sedang berbuah menambah keindahan tanaman ini.
Buah delima berbentuk bulat hampir sebesar buah jeruk, tetapi berwarna merah mengkilat. Tidak hanya itu saja, buah delima ada juga yang berwarna putih dan ungu. Selain warna buahnya yang menarik, buah delima juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa.
Antara lain:
  • Buahnya dapat membersihkan lambung.
  • Kulit delima (dadat) dapat mengobati sakit perut karena cacingan, disentri, diare, wasir berdarah, muntah darah, batuk darah, pendarahan rahim, radang tenggorokan, radang telinga, keputihan, dan nyeri lambung.
  • Bunga delima dapat mengobati radang gusi, pendarahan, dan bronkitis.
  • Daging delima dapat dimanfaatkan sebagai penurun berat badan, sariawan, tekanan darah tinggi, sering kencing, rematik, dan perut kembung.
  • Biji delima dapat dipakai sebagai obat penurun demam, batuk, keracunan dan cacingan.
Apakah anda pernah merasakan kesegaran jus delima? Selain kesegarannya, jus delima dipercaya mampu menangkal penyakit jantung, meluruhkan penumpukan lemak, dan mampu menangkis serangan radikal bebas.
Di tinjau dari segi rasa, buah delima memiliki rasa manis yang bersifat panas & lembab. Air dari buah delima bisa memberikan asupan gizi bagi tubuh. Karena itulah, delima bisa juga membantu meningkatkan stamina tubuh kita, tapi sangat tidak dianjurkan bagi anda yang sedang mengalami demam.
Maka untuk menjaga kesehatan tubuh anda, sering – seringlah mengkonsumsi buah delima
Sekian dari Kami CM Agro, semoga bermanfaat... :)

CM Agro, Delima Putih, Delima Merah, Delima Ungu, Manfaat Delima

0 komentar:

Posting Komentar