Senin, 18 Januari 2016

Mengenal Bonsai, Pengertian, Sejarah dan Manfaat

CM Agro, Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Istilah bonsai juga dipakai untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman atau pohon.

Selain itu, kita juga akan membahas sedikit tentang sejarah bonsai itu sendiri. Bonsai berasal dari seni miniaturisasi tanaman yang disebut penjing dari periode Dinasti Tang. Di makam putra dari Maharani Wu Zetian terdapat lukisan dinding yang menggambarkan pelayan wanita yang membawa pohon berbunga dalam pot dangkal. Pot dangkal berukuran kecil ini merupakan miniaturisasi dari pemandangan alam.

Kalangan bangsawan di Jepang mulai mengenal penjing sekitar akhir zaman Heian. Aksara kanji untuk penjing dilafalkan orang Jepang sebagai bonkei. Sama halnya dengan di Cina, bonkei di Jepang juga merupakan miniaturisasi dari pemandangan alam. Seni yang hanya dinikmati kalangan atas, terutama kalangan pejabat istana dan samurai, dan baru disebut bonsai pada zaman Edo.

Menanam bonsai adalah pekerjaan sambilan samurai zaman Edo, saat bonsai mencapai puncak kepopuleran. Sejak zaman Meiji, bonsai dianggap sebagai hobi yang bergaya. Namun pemeliharaan bonsai dan penyiraman memakan banyak waktu. Sejalan dengan lingkungan tempat tinggal di Jepang yang makin modern dan tidak memiliki halaman, penggemar bonsai akhirnya terbatas pada kalangan berusia lanjut.

Nah, selanjutnya, kita juga perlu tahu, apasih manfaat bonsai untuk kita ataupun lingkungan. Sebagai berikut:

1. Pada waktu kita membuat tanaman bonsai kita dapat  melatih jiwa, sifat, prilaku kita untuk menjadi sabar, karena merawat tanaman bonsai untuk menjadi sangat indah membutuhkan waktu bertahun-tahun dan tentunya itu tidak mudah untuk membuatnya.

2. Karena bentuknya sangat indahnya dan menarik  dan bisa di pajang  di halaman rumah  sebagai hiasan  untuk menambah keindahan rumah , sehingga orang melihat  akan merasa tertarik untuk memilikinya.

3. Saat kita tidak sedang beraktivitas atau tidak memiliki yang harus di kerjakan kita bisa mengisi waktu luang memperhatikannya atau juga mengurus bonsai hanya dengan Melihatnya kita bisa membayangkan bagaimana indahnya dan nilai seni dalam tumbuhan bonsai.

4. Penyejuk alami ruangan atau teras, karena ini adalah tanaman asli, tentu menghasilkan oksigin, walaupun tak sebanyak pohon yang normal. Selain itu, warna hijau daunnya, bentuk batang, atau rumput bagian bawahnya sangat menyejukkan mata dan memberikan rasa nyaman & tenang.

5. Untuk sebagian orang, bonsai adalah barang mahal, tetapi jika kita bisa merawat dan menjualnya dengan lebih mahal lagi, tentu akan jadi sumber pemasukan tambahan. Karena ada beberapa pengusaha bonsai, itu semua berawal dari hobi.

Selain kelima manfaat diatas, tentu masih banyak sekali manfaat lainnya, yang belum atau sudah kita ketahui. Jadi, jika tidak punya lahan luas, bisalah bonsai ini menjadi alternatif bagi anda semua. Salam hijau, dari kami CM Agro... ^_^

#manfaatpohon #marimenanampohon #gogreen #satuorangsatupohon #CMAgro #gerakanmenanampohon #bonsai #bonsaiadalah #sejarahbonsai #manfaatbonsai

0 komentar:

Posting Komentar